WASPADA!!!! Penipuan Sales Colvern di Supermall Karawaci Tangerang

Waspada dan berhati - hatilah terhadap modus penipuan di dalam mall!!!


Saya ( Rama ) dan isteri saya hampir saja menjadi korban penipuan di salah satu mall terbesar daerah Tangerang. Berikut kronologisnya, pada hari Rabu tanggal 03 Maret 2016, saya dan isteri saya usai berbelanja di Matahari Department Store Supermall Karawaci, tepat persis disamping pintu keluar Matahari dilantai dasar, kami dihampiri oleh seorang sales Marketing Colvern, dan kami diberikan dua buah strip sejenis koyo untuk detox yang ditempelkan pada telapak kaki, isteri saya tahu produk tersebut dan memang sudah sering menggunakannya, mereknya "Kinoki". Awalnya isteri saya enggan untuk menerimanya, namun sales ini sempat meminta tolong agar menerima produk tersebut dikarenakan sedang ada penilaian promosi (survey kepuasan) terhadap salah satu sales tersebut. Karena kasihan, isteri saya menerimanya hanya sekedar ingin membantu sales tersebut. Namun kami diajak ke gerai toko Colvern untuk membubuhkan tanda tangan sebagai tanda terima koyo tersebut. 

WASPADA!!!! Penipuan Sales Colvern di Supermall Karawaci Tangerang


Kemudian kami disodori 5 (lima) lembar kertas undian yang harus kami pilih. Sales tersebut mengatakan undian tersebut hanya diberikan kepada pengunjung gerai Colvern. Ketika kami memilih 1 (satu) kertas undian tersebut, didalamnya tertera hadiah kompor induksi senilai Rp. 18.999.000,- dan mendapat pula voucher senilai Rp. 1.000.000,- serta tambahan beberapa jenis hadiah lainnya dikarenakan terdapat barcode bertuliskan "istimewa" didalam kertas undian yang kami pilih. Mereka mengatakan bahwa kami pelanggan paling beruntung mendapatkan hadiah terbesar yang mereka miliki sore itu.

Seluruh salesnya berjumlah 5 (lima) orang, 1 (satu) wanita dan 4 (empat) lainnya pria, seluruhnya masuk ke gerai Colvern tersebut dan bersorak gembira sambil memberikan selamat kepada kami dikarenakan kami menjadi pemenang terbesar saat itu. Bahkan mereka sempat meminta traktiran makan atas hadiah yang telah kami terima. Kami pun hanya bisa diam dan cukup terkejut dengan kejadian ini, sambil berfikir sejenak "mimpi apa semalam hingga mendapat hadiah sebanyak ini???" dan sempat berfikir juga, masa iya kami bukan pelanggan yang sering membeli produk disana tapi berkesempatan besar mendapatkan hadiah tersebut???





Setelah itu mereka meminjam KTP isteri saya untuk verifikasi hadiah yang akan saya bawa pulang, dan mereka juga meminta izin untuk laporan ke kantor pusat via telepon untuk memastikan bahwa kami juga mendapat voucher senilai Rp. 1.000.000,- untuk digunakan berbelanja produk dihari yang sama. Selain itu mereka juga meminjam kartu kredit yang kami miliki. Isteri saya mulai curiga, kenapa harus menggunakan kartu kredit???? hingga berkali - kali menanyakan apakah ini benar gratis atau ada pajak yang harus kami bayarkan???? dan mereka serempak menjawab bahwa ini gratis. Hingga akhirnya isteri saya buru - buru memasukan kartu kreditnya kembali kedalam dompet, takut disalah gunakan.

Saat kami ingin membawa pulang kompor tersebut, mereka menawarkan alat pemurni air senilai Rp. 13.999.000,- dan dengan menukarkan voucher senilai Rp. 1.000.000,- tersebut, kami hanya cukup membayar sisanya saja senilai Rp. 12.999.000,- namun isteri saya menolak untuk membeli produk tersebut, karena harganya sangat tinggi dan saat isteri saya ingin membeli produk yang seharga sama dengan vouchernya, mereka mengatakan "tidak ada", harga produk yang dijualnya diatas 10 jutaan. Namun anehnya mereka sangat memaksa kami untuk membeli produk tersebut, bujuk rayu mereka hampir saja membuyarkan konsentrasi kami saat itu, agak sedikit aneh, hampir seperti dihipnotis dikarenakan saya dan isteri saya harus membaca salah satu kalimat yang tertera di barcode secara bersamaan. Cukup aneh dan membuat kami ingin segera pergi beranjak dari gerai tersebut. 






Namun tak letihnya mereka merayu kami dengan mengatakan bahwa kesempatan ini jarang terjadi, biasanya pelanggan lain hanya memenangkan sendok dan barang - barang kecil lain atau bahkan hanya ucapan terima kasih, sambil menunjukan kepada kami bukti sobekan hadiah pengunjung yang lain. Namun isteri saya sudah tidak betah berada disana, ia segera mengambil ktp yang dipegang salah satu salesnya dan mengatakan untuk tidak mau membeli produk yang dijual disana, dikarenakan harganya yang sangat mahal, tidak wajar dan sangat kurang manfaatnya. Namun salah satu salesnya menunjukkan wajah yang marah dan mengatakan apabila tidak digunakan vouchernya, maka seluruh hadiahnya akan hangus. Dan isteri saya pun dengan sangat tegas menyetujui untuk tidak mendapatkan hadiah satupun dari gerai tersebut. Dan kami pun segera bergegas meninggalkan gerai tersebut.

Setelah sampai rumah, saya dan isteri saya masih membahas kejadian di mall tadi. Isteri saya pun teringat dengan kisah saudaranya yang pernah mengalami kejadian tersebut, namun saudaranya murni dihipnotis untuk membeli produk yang dijualnya di mall Metropolis Tangerang. Singkat ceritanya, dari awal tiba hingga diantar ke ATM dan parkiran untuk dibantu bawa barang - barangnya, hingga sampai dirumah baru sadar sudah membeli produk senilai jutaan rupiah, yang sangat mahal dan kualitas produknya sangat rendah. Keesokan harinya saat kembali ke mall tersebut, gerainya sudah tutup dan tidak pernah buka kembali, setelah ditanya sekitar toko tersebut, baru ketahuan bahwa gerai tersebut memang menipu dan menghipnotis pelanggannya. 

Setelah kami browsing di internet, cukup terkejut karena banyak artikel yang menulis pengalaman mereka yang terkena penipuan sales Colvern. Hanya bisa terus beristigfar dan cukup sedih mengetahui banyak korban bahkan salah satu saudara kami tertimpa cobaan ini. Seharusnya pihak mall lebih selektif lagi, karena akan mencemarkan nama baik mall tersebut juga apabila banyak tindakan penipuan yang beroperasional di dalamnya. Untuk pengunjung lainnya juga dihimbau agar ekstra berhati - hati saat berbelanja di dalam mall atau di tempat umum lainnya. Dikarenakan modus penipuan ini sudah berkembang pesat dan hampir sama modus dan tidakannya. Jangan lupa untuk banyak berdoa agar selalu dilindungi sang Maha Pencipta. 





Semoga artikel yang kami tuliskan ini bermanfaat untuk seluruh pembaca!!!

Jangan lupa share artikel ini yaa...

Sekali lagi, HATI - HATI dan WASPADALAH!!!! (Baca Juga : 5 cara menghindari dari penipuan yang berpura-pura mewarkan barang dengan cara modus)




7 Responses to "WASPADA!!!! Penipuan Sales Colvern di Supermall Karawaci Tangerang"

Unknown said...

Sekarang mereka sudah tidak memakai nama COLVERN lagi, melainkan OPTIMUM Lorenz. Kejadian yang hampir sama juga dialami oleh saya dan ibu saya. Hari Sabtu yang lalu, 10 September 2016, kami berdua sedang berjalan-jalan di Plaza Blok M. Ketika menuju eskalator, ada seorang sales perempuan yang membagikan koyo kepada kami berdua dan mengajak kami ke kiosnya untuk memberi paraf dan kejadian selanjutnya sama persis dengan yang anda alami. Untungnya saya dan ibu saya dari awal sudah menyadari ada sesuatu yang tidak beres, maka berulang kali saya menanyakan kepada mereka, "ini saya harus tambah bayar berapa?". Mereka pun bilang semua barang tersebut gratis (Kompor listrik, 1 set panci, sendok makan, air purifier). Tapi ujungnya, saya diharuskan menggunakan voucher Rp 1 jt untuk membeli salah satu barang yang mereka tawarkan, yang menurut saya harganya sangat tidak masuk akal. Langsung kami berdua bilang "wah, di rumah saya semua sudah lengkap, kami sudah tidak butuh apa-apa lagi". Para sales pun tidak menyerah dan mengatakan bahwa keberuntungan ini sangat langka, sambil mengatakan bahwa cicilannya murah hanya 1 juta per bulan. Langsung saya bilang: "1 juta per bulan dikali 12 jadi 12 juta, saya bisa liburan ke Thailand dan belanja-belanji, daripada beli barang yang saya ga butuh". Habis itu mereka sepertinya agak kecewa dan bilang "jadi ibu ga mau bawa hadiahnya nih".. Ibu saya bilang, "ngga usah, ngga butuh juga hahaha". Dan kami pun meninggalkan toko tersebut.

Unknown said...

sya korban berikutnya mbak...hikshiks...td sore udah masuk uang dp...setlh browsing,tak lama 1jam kemudian...sy langsung balik lagi minta uang dibalikin...
mereka ngjanjiin 4hr stlh ini dan sya disuruh bawa materai.mudah2an bs d dpt kembali...

Rasa said...
This comment has been removed by the author.
Rasa said...

Saya juga baru korban tadi siang, dan sudah kasih DP. Saat itu karna merasa janggal, kami mau langsung uang kembali tapi gak bisa harus menunggu 7 hari, sa nanti sambil bawa materai. Mau nanya Mbak dewi Adrianti, DP nya jadi dibalikin gak? Gmana caranya mbak biar berhasil DP nya dikembalikan ? Makasi mbak, info nya sangat membantu

Unknown said...

Mungkin saya adalah korban berikutnya, sama persis seperti yg saya baca peristiwanya, kejadiannya di BLok M Plaza & saya sudah membayar DP 1 juta,saya sampai meminta teman saya yg dikepolisian untuk memastikannya kalau memang ini penipuan saya akan tindaklanjuti,mengatasnamakan OPTIMUM,mngkn uang 1juta tidak bisa kembali karena harus diganti dengan barang,temen saya sudah mengingatkan tetapi karena saya membawa anak & anak saya tertidur saya seperti mengiyakan saja, bagaimana saya bisa meminta DP Itu kembali,apakah teman2 yg mengalami seperti saya bisa kembali DP nya.terima kasih

Anonymous said...

Dibandung paskal hypersquare ada tuh optimum nama tokona sama modusnya hati hati

Anonymous said...

Kok bisa ya penipuan yg terjadi di tahun 2016 masih saja ada tokonya di tahun 2021...saya hampir saja kena Alhamdulillah masih dilindungi Allah buat sadar di detik2 terakhir

Post a Comment